Pemkab Semarang Harus Berikan Perhatian Lebih Terhadap Potensi Wisata Desa

Nafis Munandar - reportactual

DPRD Kabupaten Semarang
Pemerintah Kabupaten Semarang perlu memberikan bantuan kegiatan budaya yang ada di wilayah desa. Karena selama ini kegiatan budaya yang menarik wisata justru di kembangkan oleh masyarakat desa, seperti kegiatan lomba dayung tradisional, upacara bendera di Desa Kesongo, dan berbagai kegiatan merti desa di desa-desa. Hal ini terungkap dalam reses anggota DPRD Kabupaten Semarang, Nafis Munandar di Desa Asinan, Kecamatan Bawen, kemarin.

Ketua Karangtaruna Bina Remaja Bersatu Dusun Sumurup Desa Asinan, Agus Susanto menyatakan kurangnya uluran bantuan Pemerintah Kabupaten Semarang pada kegiatan kebudayaan seperti merti desa dan kegiatan tahunan Lomba Dayung Tradisional. Padahal kegiatan yang telah dilakukan selama puluhan  tahun ini menarik perhatian wisatawan dan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat, membantu pedagang makanan, sovenir dan jasa transportasi.

“Mestinya perlu ada suport bantuan kegiatan dari pemerintah, karena selama ini warga dan pemerintah desa swadaya mencari sponsor dan saweran warga untuk bikin kegiatan. Padahal kegiatan seperti ini juga membantu meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Semarang,” katanya.
Nafis Munandar, SE anggota DPRD Kabupaten Semarang dari fraksi PKS

Agus juga berharap pemertintah memasukkan kegiatan tradisi masyarakat desa dalam agenda wisata Kabupaten Semarang.

“Harapan kami kegiatan seperti Lomba Dayung Tradisional ini menjadi event yang lebih besar dan semakin menarik wisatawan lokal maupun asing,” ujarnya.

Kepala Desa Asinan, Lilik Argolukito menyatakan warganya juga berharap adanya penataan dan zonanisasi Rawapening. Karena selama ini warganya menunggu adanya Peraturan Daerah tentang zonanisasi Rawapening, agar warganya dapat memaksimalkan potensi rawa dengan budidaya karamba.

“Banyak warga kami yang menggantungkan ekonomi dari Rawapening, dengan diperbolehkan budidaya karambah potensi ekonomi warga akan semakin meningkat,” katanya.
Menurut Nafis Munandar selama ini bantuan pemerintah dalam hal kebudayaan dalam bentuk bantuan peralatan seperti drum blek dan rebana. Memang perlu bantuan kegiatan untuk masyarakat desa.

“Bantuan kegiatan sudah waktunya diperlukan, terutama untuk kegiatan yang menarik wisatawan yang ada di Kabupaten Semarang,” ujar politisi PKS ini.

Nafis juga berharap pemerintah mengeluarkan agenda tahunan wisata Kabupaten Semarang yang dipublikasikan keseluruh penjuru melalui media sosial dan media cetak.

“Selain itu sosialisasikan ke biro wisata agar wisatawan dari luar daerah dapat berkunjung ke Kabupaten Semarang. Sehingga wisata kita tidak hanya monoton dan itu-itu saja, padahal potensi wisata budaya kita luar biasa,” ungkapnya.

Rawapening saat ini memang tengah menjadi perhatian pemerintah daerah dan pusat. Secara bertahap pemerintah akan melakukan penataan kawasan Rawapening menjadi lebih baik.

“Saat ini masih konsentrasi bagaimana membersihkan encenggondok yang ada dipermukaan. Harapan kami selaku legeslatif juga berharap adanya percepatan penataan Rawapening agar menjadi lebih menarik wisatawan dan menggerakkan ekonomi warga,” kata Nafis.


reportactual.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang