Alt/Text Gambar

02 September 2017

02 September 2017

Laut (6)


fakhrizalsetiawan.blogspot.com

Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia
Laut memiliki banyak fungsi/peran/manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya karena di dalam dan di atas laut terdapat kekayaan sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan. Berikut beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia.

Tempat Rekreasi dan Hiburan
Indonesia memiliki banyak sekali laut yang indah dan berpotensi untuk pariwisata, salah satu contohnya adalah Laut Bunaken.

Laut Bunaken memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan, karena masih terjaganya terumbu karang yang menjadi tempat hidup ikan.

Dengan masih alaminya Laut Bunaken, maka ikan-ikan akan tumbuh dan berkembang biak dengan baik sehingga menambah indahnya Laut Bunaken.
Maka tak heran jika banyak wisatawan baik dari dalam maupun wisatawan asing yang datang untuk berkunjung.

Pembangkit Listrik
Laut juga dapat dimanfaatkan sebagai tenaga alam pembangkit listrik, dengan tenaga yang sangat besar (tenaga ombak, pasang surut air, angin, dan sebagainya) akan bisa menghasilkan listrik yang besar pula.

Ini sangat bermanfaat sekali bagi manusia karena bisa mengerjakan pekerjaan sehari hari dengan menggunakan tenaga listrik.

Tempat Hidup Sumber Makanan Kita
Sebagian besar penduduk pesisir pantai menggantungkan hidupnya kepada hasil laut sebagai seorang nelayan. Setiap hari mereka pergi menangkap ikan setelah itu hasilnya mereka jual untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi manusia karena mengandung protein hewani yang sangat tinggi dibandingkan dengan sumber protein yang lain.

Seharusnya kita harus banyak mengonsumsi ikan, hal ini termasuk usaha untuk memperbaiki gizi masyarakat untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang.

Tempat Budidaya
Dengan perairan yang sangat indah, alami dan masih banyak ditumbuhi terumbu karang maka laut yang seperti ini akan menarik perhatian ikan-ikan untuk hidup.
Para nelayan dapat memanfaatkan laut untuk tempat budidaya, seperti budidaya kerang mutiara, rumput laut, dan lain-lain.

Sebagai Jalur Transportasi Air
Laut juga digunakan sebagai jalur transportasi air. Kita bisa menuju ke benua manapun dengan melewati jalur laut, hal ini karena laut bisa diumpamakan sebagai jalan penghubung.

Pada jaman dulu, laut di gunakan oleh para pedagang, pelaut, sebagai jalur menuju tempat tujuan karena masih belum ada kendaraan udara.

Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai tempat persinggahan para pedagang karena terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik.

Sebagai Tempat Cadangan Air Bumi
Laut berpotensi menjadi cadangan air bumi, jika air di daratan habis maka mau tidak mau kita akan menggunakan air laut untuk kebutuhan sehari hari.

Salah Satu Sumber Air Minum (Desalinasi)
Sumber air minum tidak hanya berasal dari darat saja, tapi laut pun juga dapat menghasilkan air untuk dikonsumsi lewat proses desalinasi.

Desalinasi adalah proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi manusia, binatang dan tanaman.

Tempat Barang Tambang Berada
Di laut banyak terdapat barang barang tambang, misalnya minyak bumi. Minyak bumi terbentuk dari hewan hewan kecil yang mati berjuta tahun yang lalu.
Minyak bumi sangat penting bagi manusia karena menjadi bahan bakar mesin yang dipakai oleh manusia.

Apalagi dimasa modernisasi seperti ini, kebutuhan kendaraan yang berupa mesin sangat dibutuhkan, sehingga kebutuhan minyak bumi pun meningkat.

Sebagai Objek Riset Penelitian dan Pendidikan
Laut memiliki manfaat yang sangat penting juga dalam bidang pendidikan, yaitu sebagai objek riset penelitian.

Laut mempunyai kekayaan alam yang melimpah sehingga tak akan ada hentinya para peneliti untuk menguak misteri yang terkandung didalamnya. Mulai dari hewan, tumbuhan, batuan, dan lain sebagainya.

Tempat Membuang Sampah Berbahaya (Fungsi Buruk)
Ini merupakan fungsi yang sangat buruk dari laut. Sebenarnya kita tidak pernah menginginkan hal ini terjadi, tapi jika memang tidak ada lagi tempat membuang sampah, laut juga bisa di gunakan.

Contoh real nya adalah pembuangan lumpur Lapindo di Sidoarjo ke laut. Ini membuktikan jika tidak ada tempat lagi, maka laut pun juga bisa digunakan untuk tempat pembuangan sampah.

Laut merupakan salah satu dari sumber daya alam karena dari laut kita dapat melihat suatu keindahan. Selain itu, laut merupakan tempat nelayan untuk mengais rejeki dengan menangkap ikan setiap harinya.

Namun sekarang ini banyak orang/nelayan yang salah mempergunakan alat dalam menangkap ikan seperti dengan bom. Padahal penggunaan alat itu hanya akan merusak kelestarian dari laut itu sendiri.

Sangat penting bagi kita untuk mengerti betapa pentingnya laut bagi kehidupan manusia agar laut tetap terjaga kelestariannya. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dari pemerintah dan dibantu oleh masyarakat dalam melestarikan laut.

ngelmu.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang