Alt/Text Gambar

27 Agustus 2017

27 Agustus 2017

Jalan-jalan ke Karimunjawa

Keindahan Karimunjawa memang melegenda. Kalau kamu pengen berlibur ke pulau-pulau yang eksotis dengan pantainya yang menawan, gak perlu jauh-jauh; Karimunjawa bisa menjadi pilihan. Kepulauan yang terletak di utara Jepara ini akan membuat liburanmu jadi ali ini harapan kamu untuk berlibur murah ke Karimunjawa terjawab sudah.

Disadur dari hipwee.com, kali ini kita akan mengulas apa saja yang bisa kamu lakukan di kepulauan ini, berikut contohnya:

1. Membelah lautan menuju Karimunjawa.

Terletak di 83 kilometer utara Jepara, kamu mesti membelah Laut Jawa untuk sampai ke Karimunjawa. Dari Semarang, kamu perlu meneruskan perjalanan ke Pelabuhan Kartini Jepara.

Nah, penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa ini dengan feri KMP Siginjai yang dijadwalkan setiap Senin, Rabu, dan Sabtu pada pukul 8 pagi. Kamu jangan sampai ketinggalan feri lho! Kalo kamu takut terlambat, lebih baik nge-camp di Pelabuhan Kartini.

Oh iya, faktor cuaca sangat menentukan keberangkatan kapal feri maupun speedboat. Saat ombak mengganas, biasanya kapal juga ogah berlayar. Biar aman sih, sebaiknya kamu merencanakan ke Karimunjawa saat musim kemarau atau di musim saat ombak sedang tenang.

2. Menginap di wisma, homestay, atau rumah warga.

Sampai di Karimunjawa, kamu bisa menginap di wisma atau homestay murah dengan harga terjangkau. Kalo mau penginapan yang unik, kamu bisa mencoba Wisma Apung yang 10 menit menyebrang menggunakan kapal dari Pulau Karimun Besar. Sebelum menginap, biasakan untuk menghubungi pihak penginapan untuk mengetahui harga sekaligus reservasi.

Sebagian penduduk setempat juga menyulap rumahnya sebagai tempat menginap dengan harga yang lebih miring dibanding wisma maupun homestay. Pas banget kalo kamu pengen menghemat budget akomodasi seirit mungkin. Mau lebih irit lagi? Bawa tenda, dan kemping di pinggir pantai!

3. Warung makan murah bertebaran di Karimunjawa.

Soal makan, kamu nggak perlu kuatir harganya mahal. Di sini terdapat sejumlah warung makan yang harganya murah, jadi kamu gak perlu kuatir budget makanmu akan membengkak. Memang gak mewah, tapi yang penting perutmu kenyang, kan? Oh iya, jangan lupa mencicipi makanan khas di sini, yaitu siomay Karimunjawa.

4. Lantas, ngapain aja sesampainya di sana?

Oke, setelah meletakkan barang-barang bawaanmu di penginapan, akhirnya kamu bisa mengeksplorasi keindahan Kepulauan Karimunjawa. Lalu, apa aja sih yang bisa kamu lakukan di sini?

a. Mantaaai!
Sampai Karimunjawa jangan cuma mager alias malas gerak di wisma, dong! Susuri pantai cantik Karimunjawa yang berpasir putih nan eksotis di sekeliling pulau. Kamu pasti merasa teduh melihat hamparan laut biru yang jernih di kejauhan. Kamu juga bisa dengan mudah berburu sunset dan sunrise di sini. Kalo mau mager, di pantai aja, jangan di kasur wisma. Hehehe.

b. Trekking di Hutan Mangrove
Kalo kamu juga suka dengan sejuknya pepohonan, trekking di hutan mangrove bisa jadi pilihan. Di hutan seluas 10,5 hektar, kamu bisa menyusuri jalur trekking berupa papan-papan kayu sejauh 2 km sambil menikmati pemandangan hijau yang meneduhkan. Ada sekitar 45 jenis mangrove di hutan ini, beberapa di antaranya adalah jenis langka. Tapi, jangan lupa siapkan losion anti nyamuk kalo mau kemari, ya.

c. Mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitar Karimunjawa.

Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 27 pulau, dan hanya lima pulau yang berpenghuni. Setiap pulau menyimpan eksotismenya masing-masing. Jadi, jangan lewatkan kesempatan berkeliling pulau dengan perahu.

Kamu bisa menyewa perahu motor. Satu perahu motor bisa mengangkut penumpang maksimal 20 orang. Cocok kalo kamu datang berombongan.

d. Bercumbu dengan kehidupan bawah air Karimunjawa.

Nah, ini dia kegiatan yang gak boleh kamu lewatkan saat liburan ke Karimunjawa: scuba diving dan snorkeling. Lautan Karimunjawa menyimpan pesona keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, pastinya bakal bikin kamu teragum-kagum. Kamu bisa berfoto bareng lebih dari 200 spesies ikan sambil menikmati warna-warni terumbu karangnya yang istimewa.

Kalau kamu kebetulan bepergian dalam grup kecil 2-3 orang dan ingin mengunjungi pulau-pulau kecil sekaligus snorkeling, kamu bisa mengikuti tur yang disediakan oleh penduduk lokal. Biasanya, kamu akan digabung dengan kelompok tur lain. Berkeliling pulau-pulau dengan perahu, snorkeling, plus makan siang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Lebih jelasnya, kamu bisa tanya ke pengelola penginapan tempat kamu bermalam--jangan lupa nego ya!

Lebih murah daripada mesti sewa perahu sendiri jika kamu pergi berombongan (15-20 orang), shared cost untuk sewa perahu dan alat snorkel bakal jadi jauh lebih murah.

e. Berenang bareng hiu dan penyu.

Pulau Tengah dan Menjangan Besar di Taman Nasional Karimunjawa merupakan pusat penangkaran hiu (Superordo selachimorpha) dan penyu (Superfamily chelonioidea). Kalo mau menguji adrenalin, kamu bisa mencoba berenang bareng hiu di tempat ini. Berani?

f. Memancing ikan.

Buat kamu yang hobi mancing, Karimunjawa adalah surga. Kamu bisa memancing ikan di perairan sekitar Karimunjawa. Di daerah ini, sering diadakan event lomba mancing, lho.

g. Mengunjungi Alun-Alun Pulau Karimunjawa.

Ketika malam tiba, inilah saatnya kamu mlipir ke alun-alun Karimunjawa, karena riuh penjaja kuliner lezat sudah menanti. Mumpung kamu ke sini, coba deh menu masakan laut yang disajikan. Kamu bisa makan ikan bakar dengan harga murah, lho. Tak jauh dari sana, ada pasar souvenir yang menjajakan berbagai cinderamata untuk oleh-oleh.

hipwee.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang