Pilkada Salatiga: Survei MSCI Sebut Yaris Unggul


Pasangan Yuliyanto-Muh Haris (Yaris) mengungguli pasangan Agus Rudianto-Dance Ishkak Palit (Rudal) dalam survei yang digelar Media Survei Center Indonesia (MSCI). Pasangan Yaris meraih dukungan 42,1% responden atau unggul lebih dari 10% dari lawannya, pasangan Rudal.
Direktur Riset MSCI, Edy Sulistyawan, menyebutkan survei terkait pasangan calon (paslon) yang maju pada Pilkada Salatiga 2017 dilakukan selama kurun waktu enam hari mulai Senin-Sabtu (16-21/1/2017).
Responden dalam survei itu berjumlah 1.510 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Salatiga dan berdomisili di 23 kelurahan di empat kecamatan yang ada di Salatiga.
“Memang jumlah responden yang kami wawancarai tak sebanyak jumlah DPT yang terdata di KPU, yakni 129.930 orang. Meski demikian, kami yakin hasil survei itu akan memberikan dampak besar pada hasil pemungutan suara Pilkada di Salatiga, 15 Februari nanti,” tutur Edy saat dihubungi Harianjogja.com, Senin (30/1/2017).
Edy menambahkan dari 1.510 responden yang memberikan jawaban itu, 42,1% menyatakan dukungannya kepada pasangan Yaris yang didukung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahter (PKS) Gerindra, Golkar, Nasdem, Perindo, dan PAN.
Sementara, 31,4% responden mendukung pasangan Rudal yang mendapat dukungan dari Koalisi Rakyat, yakni Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan PKB. Sedangkan sisanya, yakni 26,5% responden menyatakan masih pikir-pikir (swing voters).
“Survei kami lakukan dengan metode Multistage Random Sampling dengan risiko margin errors 2,53%. Responden juga berasal dari berbagai usia mulai 17 tahun hingga di atas 56 tahun,” beber Edy.
Edy berharap survei itu menjadi acuan bagi para paslon yang maju dalam Pilkada 2017 di Salatiga. Sehingga, mereka semakin aktif dalam mencari dukungan sebelum tahap pemungutan suara nanti.
“Survei ini juga akan menjadi acuan bagi para pemilih yang smart dalam menentukan pilihannya nanti,” imbuh Edy.
krjogja.com



0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang