Pembangunan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata Perlu Ditingkatkan


Brebes,
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih menilai pembangunan ekonomi melalui sektor pariwisata perlu lebih ditingkatkan oleh pemerintah daerah (pemda) setempat. Selama ini, Fikri menilai, pemda belum memiliki konsep inovasi untuk mengembagkan dunia pariwisata di daerahnya.

Oleh karena itu, pemda perlu mengidentifikasi serta mengoptimalkan destinasi wisata sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakatnya.

“Dunia pariwisata susah untuk berkembang dikarenakan minimnya inovasi dalam pengembangan konsep kesejahteraan rakyat melalui pariwisata. Ada daerah yang memiliki potensi wisata luar biasa, tapi pemimpinnya masih belum memiliki konsep inovasi yang jelas,” jelas Fikri saat melakukan Koordinasi dan Konsolidasi Pengembangan Pariwisata di Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (5/7).

Dengan tidak jelasnya konsep ini untuk membangun masyarakat, maka akan diikuti permasalahan lain. Sumber Daya Alam yang melimpah dan kebudayaan yang kaya tidak akan berguna menjadi Destinasi Wisata yang menarik dan banyak dikunjungi ketika pemimpinnya tidak punya konsep.

"Penguasaan dan kematangan konsep merupakan sebuah keharusan bagi pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan. Contohnya, di Brebes ini mulai dari laut sampai gunung itu ada, ini potensi. tapi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya masih rendah," jelas Legislator PKS dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah IX ini.

Selain melalui konsep yang jelas, hal lain yang dapat menjadi penunjang dalam mengembangkan pariwisata, di antaranya adalah melalui Kompetensi dan Koordinasi. Kompetensi mencakup kemampuan para stakeholders untuk mengelolanya, sedangkan Koordinasi berarti mencakup kemampuan pemimpin daerah tersebut untuk melakukan sinergi, baik antara masyarakat, swasta, dan pemerintah.

Senada dengan Fikri, Ketua  Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esti Reko Astuti menjelaskan bahwa kementerian pariwisata sangat terbuka untuk siapapun yang ingin silaturahim dan koordinasi. Akan tetapi Esti memberikan garis bawah mengenai apa yang dibawa dan kemauan untuk koordinasi.
"Untuk pengembangan Pariwisata Kita itu terbuka, tapi pertanyaanya biasanya apa yang akan kita obrolkan? Kalau kita dimintai tolong tanpa diberitahu apa yang harus dibantu, itukan tidak mudah,” terang Esti yang turut menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Esti menambahkan bahwa dalam pengembangan pariwisata, Pemerintah Daerah perlu untuk melakukan koordinasi dengan berbagai instansi.

“Karena dalam dunia pariwisata tidak semata berbicara mengenai Wisata tetapi akan bersinggungan dengan berbagai instansi, ada sektor Kehutanan, Kebudayaan, Olahraga, Ekonomi Kreatif, dan lain sebagainya,” jelas Esti.

pks.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang