PERNYATAAN PERS PRESIDEN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TENTANG PENANGGULANGAN GEMPA SULAWESI TENGAH


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dengan mempertimbangkan besarnya jumlah korban yang meninggal, luka-luka, mengungsi dan besarnya skala kehancuran rumah, gedung, sarana-prasarana akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, serta lambannya proses penanggulangan tanggap darurat gempa, maka atas nama keluarga besar Partai Keadilan Sejahtera, kami menyatakan;

1. Mendesak pemerintah pusat agar segera menetapkan status bencana gempa Sulawesi Tengah sebagai bencana nasional. Hal ini mendesak untuk segera dijalankan agar proses penanggulangan bencana mulai dari tanggap darurat seperti evakuasi korban, penanganan medis, pengungsian, mobilisasi dan distribusi bantuan hingga proses recovery dan rehabilitasi pasca gempa dapat berjalan dengan cepat, efektif dan responsif.

2. Meminta pemerintah untuk tetap memprioritaskan penanggulangan bencana sebagai agenda pertama dan utama pemerintah. Kami meminta agar pemerintah menunda jadwal pelaksanaan Annual Meeting IMF-World Bank hingga tanggap darurat bencana selesai dan normal kembali dan memasuki fase rehabilitasi pasca gempa.

3. Meluncurkan Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) Pusat Khidmat PKS sebagai respons dari seluruh kader, simpatisan dan pengurus dari level ranting hingga pusat dalam menyikapi berbagai bencana yang terjadi di Tanah Air. Saat ini Genta PKS akan memfokuskan diri pada penanganan rehabilitasi pasca gempa Lombok dan menangani tanggap darurat gempa di Sulawesi Tengah.

4. Menyerukan kepada seluruh relawan PKS yang sejak hari pertama kejadian gempa turun tangan membantu para korban untuk tetap berjuang bersama para pihak yang berwenang. Alhamdulilah, kami bersyukur dan bangga karena pimpinan kami, Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al-Jufrie juga hadir menemani perjuangan para relawan PKS di lapangan.

5. Menyerukan kepada seluruh pejabat publik PKS, baik di legislatif maupun eksekutif, baik yang ada di pusat, provinsi maupun di daerah untuk ikut serta membantu korban bencana ini dengan menyumbangkan sebagian penghasilannya di bulan Oktober-Desember 2018.

6. Menyerukan kepada seluruh anggota keluarga besar PKS di seluruh penjuru tanah air dan di berbagai belahan dunia agar turut serta membantu dan meringankan beban penderitaan korban bencana. Yang bisa menjadi relawan mari turun tangan menjadi relawan. Yang bisa membantu dengan dana mari berikan infak terbaik kita untuk mereka.

7. Kepada seluruh rakyat Indonesia mari kita berbagi beban penderitaan ini. Duka mereka duka kita. Luka mereka luka kita. Berikan bantuan terbaik yang kita punya. Dan jangan lupa, mari kita semua memohon ampun kepada Allah SWT agar kita bangsa dan negara kita terpelihara dan terjaga dari marabahaya. Amin YA Rabbal Alamin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Jakarta, 5 Oktober 2018

Mohamad Sohibul Iman, Ph.D.
Presiden PKS

pks.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang