Ranking FIFA Indonesia Naik Empat Peringkat

Sebuah kabar baik datang untuk sepakbola Indonesia, menyusul maraknya aksi kekerasan sepakbola dan kabar duka atas wafatnya Choirul Huda. Peringkat Indonesia di ranking FIFA mengalami kenaikan.

Seperti yang sudah dirilis oleh FIFA, peringkat pada bulan Oktober 2017, posisi Indonesia berada di nomor 165 dunia dengan 117 poin. Empat peringkat lebih baik daripada yang terjadi pada bulan September lalu.

Tapi, jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lain, Indonesia masih tetap berada di posisi bawah. Indonesia hanya berada di posisi ke-6, di bawah Filipina (116/272 poin), Vietnam (121/261 poin), Thailand (138/225 poin), Myanmar (155/166 poin), dan Laos (162/122 poin).

Hasil ini tentu saja bukan karena menang di laga uji coba melawan Kamboja beberapa waktu lalu. Laga tersebut tidak masuk dalam kalender FIFA. Tapi, perhitungan poin dihitung berdasar pada performa Indonesia dalam empat tahun terakhir dan jumlah rata-rata poin selama 12 bulan terakhir.

Sementara itu, untuk posisi lima besar peringkat FIFA, tidak ada perubahan sama sekali. Jerman, Brasil, Portugal, Argentina dan Belgia masih perkasa di lima besar. Mereka juga sudah memastikan hadir di Piala Dunia 2018.

Spanyol membuat loncatan penting dengan berada di posisi ke-8, naik tiga tangga dibanding bulan September. Sementara, Peru juga menyodok ke posisi 10 besar setelah naik dua peringkat. Peru sendiri akan berjuang lolos ke Piala Dunia 2018 dari babak play off. (fifa/asa)

bola.net

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang