Alt/Text Gambar

14 September 2017

14 September 2017

Krisis Rohingya Mirip Holocaust

Sukamta pks.id

FPKS DPR RI
Ketua Crisis Center for Rohingya (CC4R) DPP PKS Sukamta membeberkan permasalahan yang dialami etnis Rohingya saat rapat dengan Menlu Retno LP Marsudi. Sukamta membandingkan krisis Rohingya dengan kasus lainnya.

"Kalau kita lihat sejarah kemanusiaan, Afrika Selatan memberlakukan politik apartheid itu tetap menghargai, memberikan status kewarganegaraan kepada orang kulit hitam. Hanya diberikan kelas yang berbeda," ujar anggota Komisi I ini di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Sukamta juga membandingkan Israel, yang tetap memberikan status kewarganegaraan kepada rakyat Palestina. Tapi Myanmar dinilai sewenang-wenang mencabut kewarganegaraan etnis Rohingya.
"Tapi Myanmar ini, dia mencabut kewarganegaraan orang, suku, yang dulunya kerajaan. Merdeka sebelum mereka bergabung dengan Myanmar dan jumlahnya sampai 15 menurut versi Rohingya," tuturnya.

Lantas, ia menyamakan krisis Rohingya dengan Holocaust di era kepemimpinan Adolf Hitler. Peristiwa tersebut merupakan pembantaian terhadap kaum Yahudi oleh Nazi.

"Saya hanya menemukan padanan yang agak mirip itu yang dilakukan Hitler terhadap Yahudi, Holocaust. Orang begitu tidak diakui sebagai warga negara seluruh haknya tercabut, termasuk hak untuk tinggal di negara itu tercabut dan itu dilakukan secara sistematis di dalam sebuah UU resmi," ucap Sukamta.


pks.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang