Laut (1)

nusantaranews.co

Secara umum pengertian Laut merujuk pada badan atau kumpulan air asin yang berada pada cekungan yang cukup luas. Rasa asin yang terkandung di air laut diperoleh dari adanya kandungan garam/ mineral, gas dan zat organik yang terlarut di dalam air laut.

Pengertian Laut
Laut merupakan salah satu dari sumber daya alam karena dari laut kita dapat melihat suatu keindahan. Selain itu, laut merupakan tempat nelayan untuk mengais rejeki dengan menangkap ikan setiap harinya.

Namun sekarang ini banyak orang/nelayan yang salah mempergunakan alat dalam menangkap ikan seperti dengan bom. Padahal penggunaan alat itu hanya akan merusak kelestarian dari laut itu sendiri.

Sangat penting bagi kita untuk mengerti betapa pentingnya laut bagi kehidupan manusia agar laut tetap terjaga kelestariannya. Oleh karena itu, perlu adanya usaha dari pemerintah dan dibantu oleh masyarakat dalam melestarikan laut.

Laut merupakan suatu kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau. Jadi laut merupakan air yang menutupi permukaan tanah yang sangat luas dan umumnya mengandung garam dan berasa asin. Biasanya air mengalir yang ada di darat akan bermuara ke laut.

Indonesia mempunyai wilayah perairan laut yang sangat luas dan kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga. Untuk landas kontinen negara kita berhak atas segala kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Batas laut teritorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif (ZEE) sejauh 200 mil dari garis dasar laut.

ngelmu.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang