Menarik, Lomba Penyajian Makanan Berbahan Singkong


PKS Ambarawa
Puncak Milad ke-19 PKS, bagi kader dan simpatisan di daerah pemilihan lima Kabupaten Semarang, digelar berbagai kegiatan. Salh satunya lomba penyajian masakan berbahan dasar singkong. "Singkong atau ketela pohon ini makanan yang merakyat. Dari bahan dasar singkong, bisa dibuat berbagai macam makanan. PKS memilih singkong sebagai bahan lomba karena PKS ingin merakyat", ungkap Ahmad Rifai saat sambutan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kabupaten Semarang tersebut hadir bersama anggota legislatif PKS, Aisayh Nurul Hidayati dalam gelaran acara puncak milad ke-19 PKS ini di Dusun Karanganyar Kelurahan Tambakboyo Ambarawa, Kamis (11/5).

Puluhan ibu dan bapak terlihat antusias mengikuti lomba menyajikan makanan tersebut. Di samping makanan yang dibuat sangat variatif, cara menyajikannya juga cukup kreatif. "Dari singkong, ternyata bisa dibuat berbagai jenis makanan,", ungkap ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS Ambarawa, Bagus Wijanarko.

Berbagai macam makanan berbahan dasar singkong diikutkan dalam lomba ini. Mulai dari lapis singkong, wingko singkong, bolu kukus dan pizza singkong atau combro ada pula bentuk yang masih unik seperti ayam ketela bakar, rainbow singkong, flatela, latela singkong dan casanova cheese stream.

Panitia penyelenggara menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PKS untuk mengangkat potensi masyarakat lokal. Keunikan penyajiannya membuat antusias pengunjung dan peserta untuk berfoto-foto. 

Peserta lomba membuat bermacam makanan dengan berbagai variasi dan hiasannya, ada yang dibuat seperti kue ulang tahun, ada pula yang dihias nama dan lambang PKS, namun semuanya diporak-porandakan oleh Pak Slamet dengan aksi bakar-bakarnya. Bapak pemilik kantin sebuah sekolah di Ambarawa tersebut mengalahkan semua peserta lain yang notabene merupakan ibu-ibu.

Ibu-ibu peserta lomba harus kalah dengan Pak Slamet ini, dengan masakan unggulannya, Aylakar (ayam ketela bakar) Pak Slamet menyajikan masakan yang baru dan menarik.

Namun yang terpenting bukanlah menang atau kalah. Inilah yang disampaikan panitia ketika mengumumkan pemenang lomba. "Yang terpenting adalah kreatifitas njenengan semua dalam menyiapkan hidangan. Dan partisipasi untuk memeriahkan Milad PKS ini ,semoga menjadi amal njenengan semua", ungkap Kristin Anggriani, salah satu juri lomba.

Total hadiah lomba senilai 500 ribu bagi para pemenang. Ada pula bingkisan untuk peserta lomba yang berupa produk Brownies Ndeso. Makanan ini merupakan produk dari seorang kader PKS, yang telah mengawali berkecimpung dalam mengangkat makanan berbahan dasar lokal.

Humas - Fauzi

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang