Hadi Santoso Usulkan Pengelolaan DAS Jadi Satu Sistem


PKS Jateng
Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadi Santoso mengusulkan agar pengelolaan daerah aliran sungai (DAS) di Jateng menjadi satu sistem yang terpadu.
"Salah satu penyebab lambannya solusi terkait dengan banjir dan jangkauan air untuk irigasi adalah wewenang pengelolaan sungai serta anak sungai terpisah-pisah sehingga perlu menjadi satu sistem," katanya di Semarang, Minggu.

Selama ini permasalahan irigasi sekunder, kata Hadi Santoso, diserahkan pada Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A). Namun, di lapangan, P3A tidak memliki otoritas untuk menyelesaikan kendala saluran tersebut.

Data pemerintah, lanjut dia, DAS yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dan P3A lebih banyak rusak daripada yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

"Kami sedang mengusulkan irigasi sekunder yang sebelumnya diserahkan P3A dan pertanian agar dikembalikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PU-PSDA) di provinsi dan kabupaten," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Menurut dia, jika usulan ini diterima, konsepnya saluran irigasi sampai ke sawah menjadi tanggung jawab PU-PSDA.

"Sekarang di lapangan masih lempar-lemparan tanggung jawab. PSDA hanya diberi tanggung jawab 5 kilometer dari 'intake' badan bendungan atau embung, padahal sampai ke sawah masih panjang, itu diserahkan P3A," katanya.

Mengenai teknis pemeliharaan, Hadi berharap P3A tetap ikut berpartisipasi, hanya didampingi oleh PU-PSDA karena pemerintah tidak bisa mengelola semua 100 persen termasuk soal pendanaan.

"Untuk pemeliharaan mereka 'kan biasa iuran gabah, uang, dan lain sebagainya itu ke depan menjadi baik ketika mereka tetap memiliki kekuatan pengelolaan. Akan tetapi, namanya itu pemeliharaan dan operasional dari dinas, jadi didampingi," ujanya.

Berdasarkan data Dinas PSDA, daftar DAS di Jateng sesuai dengan Perpres 12 Tahun 2012 tentang Penetapan Wilayah Sungai, yakni sejumlah 202 DAS.

Dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ada BBWS Pemali Juana, BBWS Serayu Opak, BBWS Bengawan Solo, dan BBWS Cimanuk-Cisanggarung.

jateng.pks.id
hadisantoso.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang