Pilkada Serentak dan Konsolidasi Nasional

thumbnail
Ketua Bidang Humas DPP PKS Ledia Hanifa

Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan secara serentak 2015 dan 2017 sesungguhnya memberikan gambaran kepada masyarakat luas partai mana yang sejatinya memiliki efektifitas kinerja dalam memenangkan calon kepala daerah yang diusungnya. 

Karena bagaimanapun juga seseorang dapat maju mencalonkan diri jika diusung oleh sejumlah partai politik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Sebuah Harian Nasional mencatatkan bahwa partai politik yang produktifitasnya tertinggi dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2015 adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan presentase kemenangan 50,6 persen.

Capaian ini mengungguli parta-partai lainnya yang semula diprediksi akan menjadi partai yang paling produktif karena ukuran jumlah perolehan kursinya yang lebih besar dari PKS. Kenyataannya produktivitas tidak mesti sejalan dengan jumlah perolehan kursi di dewan. Produktivitas sangat dipengaruhi oleh kemampuan struktur dan kader untuk mengkonsolidasi dirinya.

Menurut hitungan Bidang Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPP PKS pada pelaksanaan Pilkada serentak 2017 kali ini, PKS memenangi pilkada yang diusung dan didukung dengan persentase 54 persen. Alhamdulillah capaian menunjukkan peningkatan produktivitas kinerja struktur dan kader. Meskipun pada sejumlah daerah masih menanti keputusan final karena berperkara di Mahkamah Konstitusi atau menanti putaran kedua seperti DKI Jakarta, pencapaian ini adalah peningkatan yang luar biasa.

Dalam suasana seperti inilah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PKS 2017 diselenggarakan. Konsolidasi nasional selepas pelaksanaan Pilkada serentak dilakukan untuk mempersiapkan langkah-langkah pada serangkaian even politik yang harus dihadapi pada tahun-tahun mendatang. Sebut saja Pilkada serentak 2018, Pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Kerja besar yang harus dipersiapkan secara serius oleh PKS.

Keseluruhan elemen partai terlibat secara aktif dalam penyiapan kerja-kerja dakwah jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Elemen kaderisasi sebagai tulang punggung penyiapan kader, elemen perempuan dalam pengokohan ketahanan keluarga, memberdayakan pekerja, petani dan nelayan, membangun harapan pada generasi muda, mengembangkan seni dan budaya serta kemahiran berolahraga ada diantara bagian-bagian yang tak terpisahkan.

Rakornas juga akan mendetilkan tahapan kerja 2017 dari seluruh kegiatan yang telah direncanakan pada Munas 2015. Semua dilakukan dalam upaya Kokoh Berkhidmat untuk Rakyat. Konsolidasi untuk mengharmonisasi kerja kader, struktur dan mesin partai menjadi penting untuk mengokohkan langkah-langkah besar yang telah dan akan dilakukan.

Sambut pagi mentari berseri, bunga berkembang harum melati. Se-Nusantara siap konsolidasi, agar PKS selalu di hati.

pks.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang