Generasi Milenial dan Tantangan PKS


Oleh Dr. Arif Awaluddin
Ada sebuah riset, bahwa dunia saat ini sedang mengalami krisis. Krisis gelombang ketidakpercayaan. Tidak percaya pada pemimpin formal, hal-hal konservatif dll.

Ada generasi baru dengan cara berpikir baru, lifestyle baru. Itulah generasi Y. Kita tahu, generasi dibagi tiga, yaitu generasi X, generasi usia kita. Lalu generasi Y, atau generasi milenial, yakni lapisan di bawah kita, usia 20-30an. Dan generasi Z, anak-anak kita.

Generasi X itu konvensional, taat aturan, formal. Generasi Y, langsung to the point. Sangat akrab dengan internet, sangat mudah mencari informasi dengan optimalisasi search engine. Grace Natalie, memimpin partai baru, PSI dan langsung main ke generasi Y. Hasilnya mengejutkan. Karena mereka langsung memiliki jaringan yang baik.

Banyak parpol sedang mengkaji, bagaimana bermain di area generasi minelial. Sebab, mereka adalah generasi yang akan mengambil alih kepemimpinan, sementara generasi X sudah mau habis. Kita belum mempersiapkan generasi Y dengan baik.

Perlu dirumuskan cara agar kita bisa masuk ke generasi Y. Bisa jadi stagnasi kita dalam 3 periode pemilu karena kita gagal mengambil generasi Y.

Semoga program-program kita bisa menjawab tantangan dan peluang tersebut.

(Ditulis oleh Yeni Mulati, dari ajang Rakorwil PKS Jateng, 19 Maret 2017)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang