Akibat Tidak Serius Melakukan Tilawah

Ust : Abdul Aziz Abdur Rauf , Lc
 
Sedikitnya barakah dakwah atau amal kita menjadi indikasi lemahnya hubungan kita sebagai jundi kepada Allah SWT. Boleh jadi banyak, tetapi semua keberhasilan itu justru dikhawatirkan berdampak pada hal-hal yang tidak kita inginkan. Kemungkinan lainnya -bahkan lebih besar- adalah tertundanya pertolongan Allah dalam amal kita.

Jika jihad Salafush Shalih saja tertunda kemenangannya hanya karena meninggalkan sunah bersiwak, apalagi jika meninggalkan amal yang bobotnya jauh lebih besar dari itu? Oleh karena itu, interaksi dengan Al Qur'an selalu disinggung dalam ayat-ayat jihad, seperti di surat Al Anfal dan Al Qital (Muhammad).
 
Sejak awal dakwah ini dikumandangkan, semangatnya adalah dakwah bil Qur'an, jika interaksi kita sendiri bersama Al Qur'an sangat lemah, bahkan tidak mencapai tingkat interaksi yang minim seperti sekedar tilawah 1 Juz per-hari ? Semakin jauh dakwah yang memiliki jawwul 'ilmi (nuansa ilmu). Padahal hakekat dakwah adalah meningkatkan kualitas keilmuan umat yang sumber utamanya Al Qur'an.

Minimnya pengetahuan Al Qur'an kita akan berdampak pada lemahnya bobot ilmu dinniyah kita. Seandainya setiap kita beriltizam dengan manhaj tarbiyah yang sudah ada pasti kita akan mendapati potret harakah dakwah yang jauh lebih cantik dan lebih ilmiah.
 
diambil dari buku "Tarbiyah Syakhsiyah Qur'aniyah"

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang