Aku Tidak Lahir Dari Keluarga Kader Dakwah

Mereka bukan anak kader dakwah seperti kebanyakan teman-teman mereka yang para orang tuanya adalah kader-kader dakwah. Mereka tidak dilahirkan dari keluarga kader dakwah seperti kebanyakan kader-kader dakwah lainnya. Mereka juga tidak tarbiyah dari sejak lahir seperti anak-anak kader dakwah lainnya yang sudah tarbiyah dari sejak mereka lahir.

Mereka datang dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Dari yang keluarganya menerima dakwah sampai sangat membenci dakwah. Namun, mereka tetap istiqomah di jalan dakwah ini dan istiqomah menjalankan manhaj tarbiyah ini. Walau pada dasanya mereka bukan berasal dari keluarga kader dakwah.

Walau mereka bukan berasal dari keluarga kader dakwah, namun militansi mereka tidak kalah dengan anak-anak kader lainnya. Walau mereka bukan berasal dari keluarga kader dakwah, namun semangatnya berkobar-kobar layaknya api yang akan menyiram kebathilan. Walau mereka bukan berasal dari keluarga dakwah, namun mereka mampu memikul amanah dakwah yang belum tentu dapat dipikul oleh kader-kader dakwah lainnya.

Mereka adalah kader-kader hebat. Mereka mampu menjadi insan-insan tarbiyah yang di mana lingkungan rumahnya bukan tarbiyah. Mereka mampu menjadi kader-kader dakwah walau banyak orang belum memberi dukungan terhadap dakwahnya. Bahkan beberapa orang tua mereka tidak menyukai dakwah yang mereka lakukan, namun mereka tetap ada di jalan dakwah.

Mereka di tarbiyah dan menjadi kader dakwah karena mereka menjeput hidayah. Mereka istiqomah berubah menjadi lebih baik, karena mereka sadar bahwa Allah memilihnya untuk ada di jalan jihad yang begitu amat cantik.

Allah sengaja menjadikan mereka kader dakwah walau bukan berasal dari keluarga kader dakwah, agar mereka dapat memperkenalkan dakwah ini kepada keluarganya sehingga keluarganya turut mencinta dakwah. Allah sengaja menjadikan mereka kader dakwah walau bukan berasal dari keluarga kader dakwah agar mereka dapat membentuk keluarga dakwah kelak, walau pada asalnya mereka bukan lahir dari keluarga kader dakwah. Allah sengaja menjadikan mereka kader dakwah walau mereka bukan berasal dari keluarga dakwah, agar mereka dapat melahirkan banyak mujahid dan mujahidah yang siap melepaskan anak panah penggoyak kebathilan. Dan Allah sengaja menjadikan mereka kader dakwah, walau mereka bukan berasal dari keluarga dakwah agar mereka dapat melipat gandakan jumlah kader-kader dakwah yang siap mengembalikan kejayaan Islam di dunia ini.

Inilah dakwah, inilah tarbiyah, mampu melahirkan kader-kader dakwah bukan dari keluarga dakwah. Mereka hadir untuk mengejawantahkan tarbiyah menjadi dakwah yang dapat disukai oleh semua orang. Mengubah orang yang ragu menjadi yakin, mengubah orang yang oportunis menjadi ikhlas, dan mengubah orang yang arogan menjadi lembut.

Besyukurlah bagi mereka yang bukan dibesarkan dari keluarga kader dakwah, namun mampu menjadi kader dakwah, karena Allah mencintainya.
 
Pandu W
Mahasiswa di UIN Jakarta. Peneliti Central For Information and Development Studies (CIDES).
Dakwatuna

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang