Alt/Text Gambar

22 Januari 2015

22 Januari 2015

PKS Dorong Pemerintah Kembangkan Jamu untuk Kesehatan

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Kabupaten Karanganyar berharap meskipun teknologi semakin maju, pemerintah tetap mengembangkan jamu dan obat-obatan tradisional untuk kesehatan. Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Karanganyar, Sri Hartono.

Menurut Sri, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) belum memaksimalkan pengembangan obat tradisional melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di Kabupaten Karanganyar

“Seharusnya Pemerintah Karanganyar lebih menjalin kerjasama dengan B2P2TOOT untuk pengembangan dan pemberdayaan obat tradisional atau jamu. Pasalnya, B2P2TOOT mempunyai tenaga medis dan dokter yang sudah dilatih khusus dalam pengobatan tradisional,” kata Sri usai mengadakan kunjungan kerja ke B2P2TOOT Karanganyar, Rabu (21/1).

Selain itu, lanjut Sri, Karanganyar merupakan salah satu tempat yang tepat untuk pengembangan jamu dan obat tradisional.

“Salah satu contoh kerjasama yang bisa dilakukan oleh Pemkab Karanganyar adalah Pengembangan Wisata Jamu Kesehatan,” usulnya.

Saat ini perkembangan pengobatan tradisional mengalami kemajuan pesat. Banyak masyarakat yang beralih dari pengobatan kimia ke pengobatan tradisional. Karena pengobatan tradisional diyakini sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Ilustrasi: http://static.republika.co.id
Sumber: http://berita.pksjateng.or.id

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang