Realisasi Janji Aher Mencetak 100 Ribu Pengusaha Baru

PENGANTAR

Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya secara bertahap mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai  program dan kegiatan yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak. Berdasarkan visi pemerintahan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Mengah Daerah (RPJMD) Tahun 2013-2018 “Sejahteran untuk kita semua” dengan penuh optimis mengamanatkan penciptaan 100 ribu Wirausaha Baru. Hal ini merupakan terobosan untuk segera dapat mmewujudkan sumber daya manusia berkualitas, menambah jumlah pengusaha tangguh dan mandiri. Hal ini tiada lain untuk menjawab permasalahan yang dihadapi berupa penurunan angka pengangguran secara bertahap pada tahun 2010 mencapai 2,03 juta orang tahun 2011 penurunan 2,4% mencapai 1,9 juta orang, mengurangi angka ketergantungan serta mengurangi Penduduk Miskin (Penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan) tahun 2012 sebesar 4.421.484 orang (9,89%) dari jumlah total penduduk Jawa Barat 43 juta orang.

Wirausaha baru perlu secara umum difasilitasi melalui kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, teknologi dan informasi, akses pasar, promosi, capacity building dan akses terhadap sumber pembiayaan baik berupa stimulan start up capital maupun sumber pembiayaan lain bagi Calon Wirausaha Baru.

Hakekat keberhasilan dalam  mewujudkan wirausaha baru sebenarnya bukan hanya mencapai target angka-angka kuantitatif tetapi jauh lebih penting dapat merubah mind set generasi muda yang berwujud mental block dari mental jadi pegawai menjadi mental manajer yang penuh kreatif untuk memanfaatkan potensi sumber daya yang dimiliki. Apabila paradigma generasi muda Jawa Barat telah bergeser dari hal tersebut, tentunya indicator pembangunan yang diukur dengan peningkatan daya beli otomatis akan meningkat secara optimal, namun sebaliknya apabila mental block  terus dipelihara, maka tingkat kreativitas dan produktivitas bangsa akan semakin marginal dan akan menjadi objek bangsa lain.

Dengan demikian pembentukan wirausaha baru sebanyak 100.000 pada tahun 2015 merupakan keniscayaan yang berfungsi ganda selain untuk mengatasi persoalan ekonomi local juga merupakan persipan dalam menghadapi tantangan ekonomi regional. Untuk tidak berlebihan kiranya bila canangkan mulai saat ini Jawa Barat sebagai Provinsi pemasok tenaga kerja berkualitas dan pembentuk wirausaha yang tangguh dan mandiri.

REALISASI

Realisasi mencetak 100 ribu pengusaha

Pencetakan wirausaha baru jabar :

Pendaftaran : 3-31 maret 2014
Seleksi administrasi : 1-10 April
Wawancara : April
Psikotes : April
Pelatihan & magang : 20 April - 30 Mei
Pendampingan usaha : Juni, Juli, Agustus

Jenis usaha :
1. Jasa konveksi/jahit
2. Jasa Salon
3. Makanan & minuman

Syarat :
1. Warga jabar (KTP jabar)
2. Usia : 18-45 tahun
3. Pendidikan minimal SLTP/ sederajat
3. Sehat, dibuktikan surat dari dokter
4. Berkelakuan baik
5. Membuat proposal rencana kegiatan
6. Surat pernyataan lmanya usaha (0 - 5 tahun)
7. Lulus seleksi
8. Bersedia bersedia mengikuti kegiatan pencetakan 100ribu wirausaha baru (perjanjian tertulis bermatrai)

Tempat pendaftaran :
OPD Teknis provinsi :
1. Dinas Koprasi & UMKM
2. Dinas perindustrian & Perdagangan
3. Dinas Pertanian & Tanaman pangan
4. Dinas Peternakan
5. Dinas perikanan & Kelautan
6. Dinas Perkebunan
7. Dinas tenaga Kerja & Transmigrasi 8. Dinas Pariwisata & kebudayaan
9. Dinas Olahraga Dan pemuda
10. Dinas Energi & sumberdaya mineral

More info: www.wirausahabarujabar.com

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang