Serap Aspirasi Aleg PKS

Tuntang, Minggu 3 Maret 2013
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), DR. Arif Awaludin, SH, M.Hum mengadakan kegiatan reses dan jaring aspirasi masyarakat bersama ratusan warga dari tiga kecamatan di Daerah Pemilihan (dapil) 2, Tuntang, Bawen dan Pringapus.

Kegiatan yang bertempat di rumah kader PKS Desa Lopait, Gatot Widodo, ini dihadiri pula oleh Ketua PKS Kabupaten Semarang, Joko Widodo; serta anggota DPRD Kab. Semarang, Dra. Husni Anisah. Turut serta hadir pengurus PKS tingkat Kecamatan dan Desa.

Kegiatan reses merupakan moment berharga yang dinanti oleh masyarakat, karena dalam moment ini mereka dapat langsung menyampaikan aspirasi langsung kepada wakil rakyat, bahkan tingkat Kabupaten dan Provinsi. Selain itu, masyarakat juga dapat memperoleh informasi terbaru mengenai perkembangan kedewanan dan pemerintahan langsung dari dewan.

Disampaikan oleh Arif Awaludin tentang Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang harus ditepati oleh seluruh warga negara Indonesia. Ke-empat pilar tersebut yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan menepati ke-empat pilar tersebut diharapkan tercipta kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan harmonis. “Seluruh warga negara Indonesia harus bersatu agar kokoh untuk menciptakan kesejahteraan bagi semua”, imbuh Arif.

Selain dialog dengan Arif Awaludin, masyarakat juga berdialog dengan Dra. Husni Anisah dan Joko Widodo yang keduanya aleg PKS Kab. Semarang. Disampaikan informasi mengenai anggaran pemkab Semarang yang dominan untuk belanja pegawai, sehingga untuk pembangunan masih kurang mencukupi. Kondisi di Kabupaten semarang ini diharapkan agar mendapatkan sokongan dari provinsi untuk meningkatkan infrastruktur di kabupaten.

“Kami di kabupaten terus berjuang agar dianggarkan untuk dapat melakukan reses kembali, meskipun rumah kami terbuka lebar untuk masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi langsung. Tugas DPR adalah mengawasi dan menyuarakan aspirasi masyarakat”, tegas Joko Widodo.

Banyak aspirasi warga yang tersampaikan saat dialog dengan para aleg PKS menyiratkan begitu antusiasnya masyarakat terhadap agenda reses. Aspirasi lainnya yaitu: pertanyaan tentang pemilihan gubernur Jawa Tengah, “Kenapa PKS tidak memunculkan kadernya untuk menjadi gubernur Jateng?” Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Arif Awaludin bahwa PKS perlu menggandeng fraksi lain dalam mengajukan calon gubernur, karena PKS Jateng baru memiliki 10 kursi. Selain itu, seorang calon gubernur harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit. Arif berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan, meski di tahun 2013 ini merupakan tahun politik yang sudah menghangat.

Warga juga berharap agar PKS menjadi pemrakarsa untuk membuat kesepakatan bersama partai lain serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan panitia pengawas pemilu (panwaslu) agar masing-masing pihak siap mengundurkan diri dari jabatannya apabila melakukan jual beli suara. Selain itu warga juga berharap agar PKS mampu memelopori kegiatan pelatihan ekonomi untuk kelompok masyarakat, dlam rangka meningkatkan kesejahteraan mereka. Kegiatan reses diakhiri dengan makan bersama. humas

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang