Kajian Rutin (Kantin) CD 2

BAWEN, Cabang Dakwah 2 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Semarang mengadakan kegiatan Pengajian di bulan Rajab 1433 H. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan masyarakat dari 3 kecamatan, yaitu Tuntang, Bawen dan Pringapus. Pengajian yang rutin dilakukan oleh CD 2 PKS Kab. Semarang ini meliputi 2 pengkajian, yaitu mengenai Akidah Islam dan Fiqih Islam.


Tema akidah Islam kali ini adalah tentang Iman kepada Asma’ wa sifat Allah dalam rangka memahami Wujudullah. Diterangkan bahwa tuntutan seorang muslim adalah meyakini dan memahami nama dan sifat Allah, yaitu yang tercantum dalam Al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad saw. Dalam mengimaninya, tidak boleh disertai dengan ta’wil, ta’til, ta’kif dan tanfil. Dalam hal ini seorang muslim diperintah untuk merenungkan ciptaan Allah saja. Tema ini disampaikan oleh Ustadz Dahlan Murdani dari Ungaran.

Tema fiqih Islam adalah tentang Toharoh, atau bersuci. Tema yang disampaikan oleh Ustadz Rohis Yasin dari Yayasan Abul Yatama Bawen ini mengkaji masalah pentingnya perhatian terhadap toharoh, karena merupakan syarat dari ibadah shalat. Bagi seorang muslim yang sudah baligh, perhatian terhadap tata cara bersuci yang benar menjadi sebuah kewajiban utama, karena setelah baligh mereka sudah menanggung sendiri dosa maupun pahala.


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang