TOP ONE PKS CD2


Bawen, Minggu, 1 April 2012, Cabang Dakwah (CD) 2 Parta Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Semarang menyelenggarakan kegiatan Training Orientasi Partai (TOP) yang bertempat di Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kab. Semarang, Komplek Perumahan Harjosari RT 8 RW 7 Kelurahan Harjosari Kecamatan Bawen.
Dalam kegiatan ini diikuti oleh puluhan pengurus Dewan Pengurus Ranting (DPRa) PKS yang berada di Kecamatan Pringapus, Bawen dan Tuntang. Pengurus perempuan PKS juga turut hadir dalam acara tersebut.
TOP merupakan program awal di PKS untuk mengenal lebih dalam jati diri PKS, yang selanjutnya mereka masuk menjadi kader terbina jenjang pemula. Dalam TOP ini dibahas mengenai 2 hal utama, yaitu Pemahanan Menyeluruh terhadap agama Islam (Syumuliyatul Islam) dan Jati Diri PKS itu sendiri.
Pembahasan Syumuliyatul Islam disampaikan oleh Ustad Joko Widodo yang juga sebagai Ketua DPD PKS Kab. Semarang. Dalam materi ini ditekankan bahwa sebagai umat Islam, harus mampu memahami Islam secara menyeluruh, tidak secara parsial. Hal ini penting untuk difahami, mengingat kebanyakan muslim memahami Islam setengah-setengah, sehingga mendikotomikan bagian-bagian dalam agama Islam dan di luar Islam. Islam haruslah difahami sebagai jalan hidup (Minhajul Hayah), sehingga berpolitik merupakan bagian dari pengamalan Islam tersebut. Hal ini penting disampaikan mengingat PKS merupakan partai dakwah.
Pembahasan Jati Diri PKS disampaikan oleh Gatot Widodo selaku Ketua Cabang Dakwah (KCD) 2 PKS yang menyampaikan sejarah PKS dari awal dan perkembangannya. Disampaikan bahwa awal mula PKS adalah Partai Keadilan (PK) yang telah mulai mengikuti pemilu tahun 1999. Sejak mulai berdiri tanggal 20 April 2000, PKS telah mengikuti pemilu 2 kali, yaitu tahun 2004 dan 2009. Partai Dakwah ini mulai menjadi partai terbuka sejak Munas Kedua tahun 2010, yang menekankan bahwa orang non muslim bisa bisa menjadi anggota PKS. Saat ini Presiden PKS adalah Luthfi Hasan Ishaaq, MA.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang