Komisi B Tengarai Makelar PUAP

UNGARAN – Komisi B DPRD Kabupaten Semarang mencium maraknya calo bantuan Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan (PUAP) dari Kementerian Pertanian (Kementan). 

Oknum tersebut meminta jatah komisi dengan dalih untuk dana operasional karena telah ikut membantu pencairan dana tersebut. Indikasi calo ini ditemukan di Kecamatan Getasan. Setiap gabungan kelompok tani (gapoktan) di daerah ini yang bakal mendapatkan PUAP senilai Rp100 juta akan diminta komisi 20% dari total bantuan. 


Anggota Komisi B Agus Warsito menuturkan, oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut meminta fee dengan alasan sebagai balas jasa atas turunnya bantuan. “Bantuan hibah itu harus diberikan utuh kepada gapoktan,” ujarnya kemarin. Tahun ini ada 29 gapoktan di Kabupaten Semarang yang bakal mendapatkan dana hibah PUAP. Setiap kelompok mendapat bantuan Rp100 juta.Dari 29 calon penerima bantuan,6 di antaranya masih dalam tahap verifikasi.
Total PUAP 2011 Rp2,9 miliar. Kepala Dinas Pertanian,Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Semarang Urip Triyogo saat dikonfirmasi tidak menampik adanya kabar tersebut. Informasi yang dia terima,komisi yang diminta bahkan sampai 30%. Menyikapi sinyalemen tersebut, setelah Lebaran, pihaknya berencana mengumpulkan ketua-ketua gapoktan untuk diberi pengarahan. (Sindo)

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates | ReDesign by PKS Kab.Semarang